Minggu, 31 Mei 2015

7 Faktor Penyebab Sering Lapar

Setelah berolah raga biasanya tubuh mengeluarkan respon rasa lapar. Yah maklumlah karena banyak energi yang telah dibuang selama kita berolah raga. Begitupun ketika mau menstruasi banyak perempuan meningkat rasa lapar nya. Tapi ketika kamu merasa lapar tanpa sebab maka ada sesuatu yang terjadi dalam tubuhmu.


Kebutuhan fisiologis untuk kalori, air, dan garam berasal beragam faktor seperti diet, hormon nafsu makan, dan tekanan emosional atau stres. Berikut ini 9 faktor penyebab sering lapar yang mungkin terjadi.

Dehidrasi.
Dehidrasi ringan sering dianggap seperti perasaan sedang lapar. Padahal sebetulnya hanya respon tubuh yang ingin dipenuhi kebutuhan cairannya. Cara mengatasinya, pastikan kebutuhan cairan tubuh anda tercukupi. Minum air secukupnya lalu tunggulah sekitar 15-20 menit untuk mengetahui apa rasa lapar itu kemudian hilang.

Kurang tidur.
Jika kamu kurang tidur maka rasa lapar akan datang menghampirmu. Solusinya kebutuhan tidur 7-8 jam di malam hari harus tercukupi agar hormon tubuh kembali normal dan tidak memunculkan pesan rasa lapar..


Terlalu banyak konsumsi karbohidrat.
Makanan yang mengandung karbohidrat seperti tepung putih seperti pastri, biskuit, dan kukis, dapat meningkatkan kadar glukosa darahmu dengan cepat dan kemudian turun setelahnya."

Fluktuasi kadar glukosa dalam darah ini, mesti dihindari. Solusinya konsumsi karbohidrat kompleks yang lebih banyak mengandung serat.

Sedang mengalami stres.
Ketika kamu stres maka kadar adrenalin dan kortisol meningkat. Peningkatan kadar hormon tersebut mengganggu normalitas sistem berpikir tubuh sehingga tidak heran nafsu makanmalah menjadi besar.

Konsumsi alkohol terlalu banyak. Konsumsi alkohol membuat tubuhmu merespon rasa lapar, padahal sebetulnya tubuh justru hanya ingin air. Alkohol mengganggu sistem tubuh normal.(Baca : pantangan kolesterol)

Melewatkan waktu makan. Jangan pernah untuk berpikir untuk melewatkan waktu makan normal. Ketika Anda melewatkan waktu makan maka lambung kamu akan kosong dalam waktu lama sehingga akan menghasilkan sedikit peningkatan hormon rasa lapar ghrelin yang justru akan meningkatkan nafsu makan. Kalau kamu merasa sulit sarapan coba konsumsi sesuatu seperti telur dan susu.(Baca : pantangan asam urat)

Kurang nutrisi protein dan lemak. Selama berasal dari sumber yang baik dan kuantitasnya normal maka protein dan lemak akan bermanfaat bagi tubuh. Namun bila tidak maka tubuh akan merespon rasa lapar. (Baca: penyebab sakit perut atas dan sakit perut bawah)
Baca juga : cara mudah sehat
Sekian artikel kesehatan untuk 7 Faktor Penyebab Sering Lapar.